Selamat Datang di website BP2MI Provinsi Sumatera Barat

Standar Pelayanan

A.Penerbitan E-ID PMI Mandiri SSW Jepang

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. PerKa BNP2TKI No. 30 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Penempatan TKI ke Luar Negeri
5. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
7. Peraturan BP2MI No. 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Orientasi Pra Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia
8. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
9. Peraturan BP2MI No. 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
10. Surat Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja No. B.3/8106/PK.02.01/VIII/2019 hal Pelayanan Calon Pekerja Migran Indonesia Sebagai Pekerja Berketerampilan Spesifik (PBS/Spesified Skilled worker)
11. Surat Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia Afrika BP2MI No: B.111/KWS1/XI/2021 perihal Pelayanan Permohonan E-ID CPMI ke Jepang
Persyaratan Pelayanan : 1. Surat Permohonan OPP
2. Asli dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk & Kartu Keluarga
3. Asli dan Fotokopi Paspor
4. Asli dan Fotokopi CoE
5. Asli Surat Ket. Berbadan Sehat
6. Asli dan Fotokopi Perjanjian Kerja
7. Asli Surat Izin Ortu/Wali/S/I diket Lurah
8. Asli Surat Pernyataan PMI
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Registrasi Online PMI Mandiri dan uplod dokumen
2. Isi form permohonan OPP dan memasukan dokumen
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Daftar kepesertaan BPJSTK di aplikasi POM BPJS
5. Bayar iuran BPJSTK dan ambil kartu kepesertaan
6. Pencetakan bukti penerbitan E-ID
7. Uplod Visa mandiri
8. Cetak bukti penerbitan e-PMI
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Nomor E- PMI
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop,scanner dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

B.Permohonan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) PMI Mandiri

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan Kepala BNP2TKI No. 30 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Penempatan TKI ke Luar Negeri
5. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
7. Peraturan BP2MI No. 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Orientasi Pra Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia
8. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
9. Peraturan BP2MI No. 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Surat Permohonan OPP
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk & Kartu Keluarga
3. Fotokopi Paspor dan Visa Kerja
4. Asli Surat Ket. Berbadan Sehat
5. Fotokopi Perjanjian Kerja
6. Asli Surat Izin Ortu/Wali/S/I diket Lurah
7. Surat pemangilan kerja dari perusahaan
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Registrasi Online PMI Mandiri dan uplod dokumen
2. Isi form permohonan OPP dan memasukan dokumen
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Daftar kepesertaan BPJSTK di aplikasi POM BPJS
5. Bayar iuran BPJSTK dan ambil kartu kepesertaan
6. Mengikuti OPP Non Klasikal
7. Cetak bukti tercatat sebagai PMI
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : bukti tercatat
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop,scanner dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

C.Permohonan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) P3MI

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan Kepala BNP2TKI No. 30 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Penempatan TKI ke Luar Negeri
5. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
7. Peraturan BP2MI No. 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Orientasi Pra Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia
8. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
9. Peraturan BP2MI No. 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2022 tentang Proses Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : Surat Permohonan OPP dengan melampirkan Job order/demand letter dan dokumen PMI sebagai berikut:
1. Asli dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk & Kartu Keluarga
2. Asli dan Fotokopi Akte Lahir
3. Asli dan Fotokopi Ijazah
4. Asli dan Fotokopi Paspor dan Visa Kerja
5. Asli dan Fotokopi Perjanjian Penempatan
6. Asli dan Fotokopi Perjanjian Kerja
7. Asli dan Fotokopi BPJSTK
8. Asli dan Fotokopi Sertifikat Kesehatan
9. Asli dan Fotokopi Surat Keterangan Pernikahan dan buku nikah bagi yang telah menikah
10. Asli Surat Izin Ortu/Wali/S/I diket Lurah bermaterai Rp, 10.000,-
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Uplod dokumen PMI dan Pengajuan OPP secara online
2. Pengajuan permohonan OPP
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Penjadwalan OPP
5. Pembayaran Masa & Purna BPJS
6. Validasi sidik jari
7. Cetak surat telah mengikuti OPP
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : bukti tercatat
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop,scanner dan printer
3. Jaringan Internet
4. Fingerprint scanner
5. ATK

D.Verifikasi Dokumen SP2T

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
5. Nota Kesepahaman antara Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei dan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei di Jakarta, Indonesia mengenai Perekrutan, Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Tanggal 14 Desember 2018
Persyaratan Pelayanan : 1. Asli Kartu Tanda Penduduk
2. Asli Keluarga format baru menggunakan QR code
3. Asli Akte Lahir format baru menggunakan QR code
4. Asli Ijazah
5. Asli Surat Ket. Berbadan Sehat dan Surat Ket. Tidak Buta Warwa
6. Asli Surat Keterangan Pernikahan (Bagi yang telah menikah melampirkan buku nikah)
7. Asli Surat Pernyataan Kesanggupan
8. Pas Photo Warna 3x4 cm latar putih
9. Asli Paspor
10. Asli Visa/ARC bagi yang pernah bekerja di Taiwan
11. Asli Sertifikat Keahlian (Jika Ada)
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Uplod dokumen dan lamar secara online
2. Verifikasi dokumen sesuai jadwal yang ditetapkan
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Pengambilan foto dan perekaman sidik jari
5. Cetak bukti verifikasi dokumen
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Bukti verifikasi dokumen
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop,scanner dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

E. Pelayanan Verifikasi G to G Korea

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 10 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penempatan Pekerja Migran Indonesia oleh BP2MI
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
5. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Memorandum of Understanding between The Department of Manpower and Transmigration of Republic Indonesia and The Ministry of The Labour of Republic Korea on The Sending of Indonesia Workers to the Republic of Korea on 13rd July 2004
Persyaratan Pelayanan : 1. Bukti Pendaftaran
2. Asli dan Scan Kartu Tanda Penduduk & Kartu Keluarga
3. Pas Photo
4. Asli dan Scan Ijazah
5. Asli dan Scan sertifikat Pelaut (untuk Sektor Fishing)
6. Asli dan Scan Buku Tabungan A.n Pribadi
7. Asli dan Scan Surat Pengalaman Kerja/Sertifikat Pelatihan (jika ada)
8. Formulir komptensi ( Jika Memiliki Pengalaman Kerja / serfikat Pelatihan)
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Menyerahkan Bukti Pendaftaran dan Scan Dokumen
2. Verifikasi data dan Dokumen
3. Pengambilan foto dan perekaman sidik jari
4. Cetak Formulir EPS Topik
5. Registasi Peserta di website EPS TOPIK HRD Korea
6. Penyerahan kartu ujian EPS TOPIK
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : ID CPMI, Kartu Ujian EPS Topik dan ID EPS Topik
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. Kamera Digital & Fingerprint scanner
5. ATK & Formulir Pendaftaran Ujian EPS Topik

F. Verifikasi Dokumen G to G Jepang

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 10 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penempatan Pekerja Migran Indonesia oleh BP2MI
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
5. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Memorandum saling pengertian antara BP2MI dan Japan International Coorporation of Welfare Service tentang Penempatan dan Penerimaan Kandidat indonesia Untuk "Kangosi", Kandidat Indonesia untuk "Kaigofukushihsi", Kangosi Indonesia dan Kaigofukushihsi Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Asli dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk & Kartu Keluarga
2. Asli dan Fotokopi Paspor (jika ada)
3. Asli dan Fotokopi Ijazah dan Terjemahan dalam bahasa Inggris
4. Asli dan Fotokopi Transkrip Nilai dan Terjemahan dalam bahasa Inggris
5. Asli dan Fotokopi Kartu Pencari kerja / AK1
6. Asli dan Fotokopi Keterangan Catatan Kepolisian
7. Asli Surat Keterangan Sehat dengan hasil FIT
8. Asli Surat Izin Ortu/Wali/S/I diket Lurah bermaterai Rp. 10.000
9. Asli Surat pernyataan tidak mengundurkan diri bermaterai Rp. 10.000
10. Asli Surat pernyataan tidak menuntut ganti rugi bermaterai Rp. 10.000
11. Asli dan Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang N5
12. Asli dan Fotokopi legalisir STR dari MTKI dengan terjemahan bahasa Inggris (Nurse)
13. Asli dan Fotokopi Surat keterangan pengalaman kerja sebagai perawat sekurang-kurangnya 2 tahun semenjak terbit STR (Nurse)
14. Asli dan Fotokopi sertifikat careworker (bagi non keperawatan)
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Uplod dokumen dan lamar secara online
2. Verifikasi dokumen sesuai jadwal yang ditetapkan
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Pengambilan foto dan perekaman sidik jari
5. Cetak bukti verifikasi dokumen
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Bukti verifikasi dokumen
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. Fingerprint scanner dan kamera
5. ATK

G. Verifikasi Dokumen G to G Jerman

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PP No. 10 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penempatan Pekerja Migran Indonesia oleh BP2MI
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
5. Peraturan BP2MI No. 7 Tahun 2023 tentang Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
6. Persetujuan antara BP2MI dengan Agensi Ketenagakerjaan Federal Jerman (Bundesagentur fur Arbeit) tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kesehatan di republik Federal Jerman pada tanggal 26 Juli 2021
Persyaratan Pelayanan : 1. Asli Kartu Tanda Penduduk
2. Asli dan Fotokopi Kartu Keluarga
3. Asli Daftar Riwayat Hidup/ CV dalam bahasa Inggris
4. Asli Sertifikat STR (Surat Tanda registrasi) Perawat
5. Asli Ijazah
6. Asli Transkrip Nilai
7. Asli Surat Motivasi dalam bahasa Inggris
8. Asli Kartu BPJS Kesehatan
9. Asli Kartu Pencari kerja / AK1
10. Asli Surat Keterangan Status Perkawinan/Buku Nikah
11. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian
12. Pas Photo Warna 3x4 cm latar putih 2 lbr
13. Asli Medical Check Up dengan hasil FIT dari Rumah Sakit pemerintah/Puskesmas
14. Asli Surat Izin Ortu/Wali/S/I diket Lurah bermaterai Rp. 10.000
15. Asli Surat pernyataan tidak mengundurkan diri bermaterai Rp. 10.000
16. Asli Surat pernyataan tidak menuntut ganti rugi bermaterai Rp. 10.000
17. Asli surat pernyataan bersedia mengikuti Pelatihan Bahasa Jerman bermaterai Rp. 10.000
18. Asli Sertifikat bahasa Jerman (jika ada)
19. Asli Surat Rekomendasi dari tempat kerja sebelumnya (jika Ada)
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Uplod dokumen dan lamar secara online
2. Verifikasi dokumen sesuai jadwal yang ditetapkan
3. Pemeriksaan keabsahan data dan dokumen
4. Pengambilan foto dan perekaman sidik jari
5. Cetak bukti verifikasi dokumen
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Bukti verifikasi dokumen
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. Fingerprint scanner dan kamera
5. ATK

H. Pelayanan Pengaduan (Crisis Center)

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. PerKa BNP2TKI No. 28 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Masalah Calon Tenaga Kerja Indonesia/Tenaga Kerja Indonesia Melalui Mediasi dan Advokasi
4. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Form Pengaduan
2. KTP/Paspor atau Identitas lainnya
3. Dokumen pendukung lain
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Adanya pengaduan
2. melengkapi dokumen persyaratan pengaduan
3. melakukan validasi, verifikasi dan klarifikasi pengaduan
Jangka waktu penyelesaian : 20 Menit
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Bukti pengaduan
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

I. Jobsinfo

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 8 Tahun 2022 tentang Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Identitas Diri
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. Adanya pengaduan
2. melengkapi dokumen persyaratan pengaduan
3. melakukan validasi, verifikasi dan klarifikasi pengaduan
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 1 (satu) jam
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : Informasi Peluang Kerja Luar Negeri
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

J. Pelayanan PPID

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
3. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. Peraturan BP2MI No. 8 Tahun 2022 tentang Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Surat permohon permintaan Informasi Publik
2. Fotokopi KTP bagi pemohon perseorangan dan kelompok
3. Fotokopi akta pendirian yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Huku m dan Hak Asasi Manusia dan identitas pengurus atau kuasa
4. Formulir permintaan Informasi Publik
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. adanya permohonan informasi
2. mencatat permintaan informasi
3. menanggapi dan menjawab permohonan informasi
4. mengirimkan surat tanggapan kepada pemohon informasi
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 3 (tiga) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : data dan informasi publik
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK

K. Pelayanan Pengaduan Gratifikasi/ Whistle Blowing System dan Benturan Kepentingan

Komponen Uraian
Dasar Hukum : 1. UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
2. PerKa BNP2TKI No. 8 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penanganan Pengaduan (Whistleblowing) Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan BNP2TKI
3. PerPres No. 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
4. PerKa BNP2TKI No. 10 Tahun 2017 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan di Lingkungan BNP2TKI
5. Peraturan BP2MI No. 6 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan Pelayanan : 1. Formulir online yang telah diisi
2. Dokumen/file Bukti
Sistem, mekanisme dan prosedur : 1. pengaduan di http://wbs.bp2mi.go.id/home/wbs/kirim_pengaduan/kotak kritik dan saran/ googleform
2. verifikasi pengaduan
3. penanganan pengaduan
4. mengeluarkan rekomendasi tindakan penanganan
Jangka waktu penyelesaian : maksimal 3 (tiga) Hari kerja
Biaya/Tarif : tidak dikenakan biaya/gratis
Produk Pelayanan : tanggapan pengaduan
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas : 1. Ruangan, meja dan kursi
2. Komputer/laptop dan printer
3. Jaringan Internet
4. ATK